Mukadimah

Ini semacam jurnal atau kumpulan artikel tentang kegiatan ilmiah di Indonesia khususnya mengenai Pekan Ilmiah Mahasiswa tingkat Nasional. web ini tidak berdasarkan lembaga manapun dan hanya opini penulis yang telah sukarela memberikan kontribusi atas weblog ini. hak cipta dan tanggung jawab ada pada penulis yang dilindungi oleh hukum yang berlaku di Indonesia. Bagi penulis yang bersedia mengisi blog ini dan ingin memberikan kontribusi, dapat mengirimkan e-mail ke Admin di alamat abah.oryza@gmail.com

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Menuju Penelitian Berkelanjutan

Pekan Imliah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XX Tahun 2007 akan diselenggarakan di Universitas Lampung (UNILA) pada 17-22 Juli 2007. PIMNAS merupakan ajang kompetisi bagi mahasiswa untuk menampilkan kreativitas dalam karya-karya ilmiahnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Depdiknas Satryo Soemantri Brodjonegoro mendorong mahasiswa untuk menampilkan karya-karya ilmiahnya. Dia menyampaikan, upaya memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berkarya ini diwadahi dalam PIMNAS. "Supaya setiap saat mahasiswa punya kesempatan untuk menampilkan karya-karya ilmiahnya," katanya dalam konferensi pers di Gerai Informasi dan Media Depdiknas pada hari ini.

Satrio mengatakan, karya ilmiah mahasiswa yang ditampilkan dalam PIMNAS diharapkan menghasilkan produk-produk nyata. Selain itu, dapat diolah menjadi paten atau inovasi baru yang digunakan industri atau masyarakat sebagai nilai tambah. Di lain sisi, kegiatan PIMNAS diharapkan mampu meningkatkan antusiasme mahasiswa terhadap penelitian yang dilakukan secara berkelanjutan.

Rektor Universitas Lampung Muhajir Utomo melaporkan kegiatan PIMNAS dipusatkan di lingkungan kampus, baik kegiatan utama maupun pendukung, kecuali kegiatan wisata ilmiah yang dilakukan di luar kampus. "Peserta yang sudah mendaftar sebanyak 175, baik berasal dari PTS maupun PTN. Meningkat dibandingkan PIMNAS sebelumnya yang berjumlah 135," katanya.

Sementara peserta mahasiswa yang mendaftar kegiatan utama sebanyak 879 orang. Mereka akan membawakan 330 karya tulis dari berbagai kategori. Ditambah sekitar 450 mahasiswa yang akan mendukung kegiatan. "Total sebanyak 1500 orang termasuk 66 orang juri. Jurinya gabungan PTN dan praktisi. Dikombinasikan, sehingga penilaiannya akan obyektif," ujar Muhajir.

Adapun kategori lomba karya ilmiah mahasiswa adalah lomba kreativitas, karya tulis, dan lomba produk dan poster mahasiswa. Sebagai kegiatan pendukung diadakan lomba dengan tema Applied Programming for Problem Solving and Security. "Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan apresiasi mahasiswa di bidang teknologi informasi (TI), bahwa TI sekarang ini penting dalam meningkatkan daya saing bangsa,” kata Muhajir.

Ke depan, Muhajir berharap, dengan dukungan pemerintah, swasta, dan dosen, ajang PIMNAS akan memunculkan keunggulan-keunggulan wilayah. Selanjutnya, terjadi sinergi dan memunculkan pusat-pusat keunggulan secara nasional.***

sumber :

http://www.indonesia.go.id/id/index.php?option=com_content&task=view&id=4829&Itemid=700

1 comment:

fahrudin said...

penginapan di jakarta and kayu jabon mahasiswa ya ... ;-)